Thursday , 24 April 2014
Home >> TIPS & TRIK >> 3 Langkah Strategi Marketing yang Tepat
3 Langkah Strategi Marketing yang Tepat

3 Langkah Strategi Marketing yang Tepat

Dalam dunia marketing, Anda harus ahli dalam membuat strategi secara matang hingga detailnya. Sehingga hambatan-hambatan bisa diselesaikan dengan mudah.

Problemnya saat ini ketika program marketing gagal, Anda sudah menganggap bahwa program Anda gagal total, sebenarnya mungkin ada beberapa langkah yang salah sehingga hanya perlu diganti saja langkah yang salah tadi dengan langkah lainnya. Anda harus menemukan langkah strategi marketing yang tepat. Berikut ini tiga langkah strategi marketing yang tepat:

1. Anda Melakukan STP (Sigmentasi, Targeting, dan Positioning)

Anda juga harus pilah-pilah target Anda, Anda juga bisa memulai segmen, mulai membagi berdasarkan pendapatan Anda, berdasarkan pengeluaran, atau juga bisa berdasarkan jenis kelamin, laki-laki atau perempuan, ada berdasarkan umur. Kemudian Anda mulai melakukan target. Dari sekian banyak segmen, mana yang akan Anda targetkan.

Anda seharusnya mempunyai positioning apa. Setelah itu ada juga yang dinamakan sebagai USP (Unique Selling Proposition). Apa yang unik dalam diri Anda? Jika Anda ingin berubah cepat dalam bermarketing, modal utama yang harus Anda miliki yaitu breakthrough.

Jika ingin sukses dan penjualan Anda meledak pesat maka Anda harus banyak belajar, cari tahu semua hal apa yang Anda kurang tahu mengenai perihal tersebut.

2. Melakukan Perkiraan Hasil yang Akan Terjadi

Jadi, Anda bisa memperkirakan semua hasil dalam perusahaan Anda, penjualan Anda, pendapatan Anda, maupun laba Anda pada satu periode. Jadi, Anda bisa mempunyai patokan agar Anda lebih jeli dalam mengelola sebuah perusahaan.

3. Anda Melakukan Identifikasi, Rencana, & Bauran Pemasaran

Jika Anda belajar tentang marketing, pasti Anda akan belajar 4P, yaitu Product, Price, Promotion, Place (Distribusinya). Misalnya, produknya seperti apa? Packaging-nya seperti apa, unsurnya seperti apa, content-nya seperti apa, harganya berapa, promosinya seperti apa, tempatnya seperti apa, dan distribusinya sejauh mana!

Dari ini, Anda harus bisa memutuskannya! Jika ingin menerapkan sistem Unique Selling Promotion, Anda harus membuat suatu promosi yang sangat menarik bagi konsumen. Anda juga harus membuat keuntungan untuk konsumen sehingga mereka merasa puas karena sudah membeli produk Anda.

Ini bisa dikarenakan karena produk Anda yang berkualitas dan juga Anda menawarkannya dengan harga yang terjangkau. Promosi Anda di buat dengan cara yang benar sehingga menguntungkan untuk semuanya.

Semoga Bermanfaat-Tung Desem Waringin

Sumber: okezone.com