Tuesday , 21 October 2014
Home >> TIPS & TRIK >> Inilah Kiat Bisnis Jokowi, Pengusaha Mebel yang Sukses Itu
Inilah Kiat Bisnis Jokowi, Pengusaha Mebel yang Sukses Itu
Jokowi (Foto: Pius)

Inilah Kiat Bisnis Jokowi, Pengusaha Mebel yang Sukses Itu

JAKARTA, IndoTrading.com – Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo yang juga adalah pengusaha mebel, membagi kisah suksesnya di hadapan ribuan penggiat UKM dan wirausahawan. Jokowi, demikian sapaan akrab mantan Walikota Solo ini berulang menegaskan kepada peserta yang memadati Gedung SMESCO UKM, Jakarta Selatan, agar terus berusaha dan berupaya, dan tidak lekas putus asa dalam membangun dan merintis sebuah usaha.

“Jangan pernah takut, harus berani ambil risiko. Saya sudah berulang jatuh, namun bisa bangkit lagi dan terus berjalan membangun usaha yang telah saya rintis,” ujar Jokowi di Jakarta, Minggu (17/3/2013).

Namun demikian, Jokowi merendah dan mengatakan bahwa hingga kini, dia belum merasa sukses. “Sekarang saya belum sukses. Untuk itu saya terus belajar untuk terus berkembang,” lanjutnya.

Nah, berikut beberapa kiat dan tips sukses ala Jokowi:

1. Berani melakukan inovasi produk.
Inovasi produk, menurut Jokowi adalah hal mutlak yang harus dilakukan oleh seorang pengusaha agar bisa terus berkembang maju. “Paling tidak setiap enam bulan harus bisa melakukan inovasi produk. Apapun produknya, harus bisa diperbaharui dan melakukan inovasi. Kalau nggak ya kita akan ketinggalan pelanggan,” ucapnya.
2. Mampu melihat dan memanfaatkan peluang sekecil apapun.
Jokowi bilang, semua pelaku usaha harus bisa memanfaatkan semua peluang yang ada. Sekecil apapun peluang tersebut, kata dia harus bisa dimanfaatkan dengan maksimal.
“Sekali kamu dapatkan peluang itu, harus langsung dilakukan. Jangan sampai peluang itu lepas begitu saja. Mau jual produk apapun, ya dikejar,” tegasnya.
Jokowi sendiri pernah mengejar calon pelanggannya hingga ke toilet. Kata dia, hal tersebut harus bisa dilakukan agar tidak kehilangan calon pelanggan tersebut.
“Dari dia turun di airport, sampai ke WC, saya ikutin terus. Karena apa? Karena dia pelanggan. Jangan sampai pelanggan kita diambil orang. Jangan sia-siakan peluang yang sudah di depan kepala,” tegasnya lagi.
3. Puaskan pelanggan dengan pelayanan prima.
Semua pelanggan, sebutnya, harus bisa diberikan pelayanan yang memuaskan mereka. “Saya menyediakan jasa antar barang hingga bandara, terutama bagi pelanggan saya yang berasal dari luar negeri,” katanya mencontohkan salah satu pelayanan yang pernah dia lakukan.
4. Fokus dan Konsisten
Kepada wirausaha muda, Jokowi menegaskan agar konsisten dalam menjalankan sebuah usaha. Sebutnya, jika telah menjalankan dan menekuni sebuah usaha, maka harus fokus pada bidang usaha tersebut. “Jika menghadapi tantangan dan hambatan dalam usaha tersebut, jangan sampai malah cepat-cepat pindah ke usaha lain,” tegas dia.

Demikian beberapa tips yang diberikan Jokowi. Dia berharap agar semua pelaku usaha, terutama palaku UKM dan wirausaha muda untuk terus giat membangun usaha meski menghadapi tantangan yang berat. Bahkan dia tidak keberatan jika ada yang mau belajar atau mencuri ilmunya dalam memproduksi mebel.

“Silahkan, jika ada yang mau ke tempat saya. Mau belajar tentang finishing atau  apapun,” pungkasnya. [Pius Klobor]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>