Monday , 21 July 2014
Home >> TREN UKM >> Kemasan Produk UKM Ditingkatkan Kualitasnya
Kemasan Produk UKM Ditingkatkan Kualitasnya
Produk KUKM yang dipasarkan di gerai 7-Eleven (Istimewa)

Kemasan Produk UKM Ditingkatkan Kualitasnya

Kemasan produk yang menarik merupakan syarat mutlak untuk bisa dipasarkan pada gerai peritel modern.

PEMERINTAH melalui Kementerian Koperasi dan UKM mengembangkan program peningkatan kualitas kemasan dan produk pelaku koperasi dan usaha kecil dan menengah ke berbagai daerah sebagai upaya memperkuat daya saing sektor riil di pasar nasional dan global.

Neddy Rafinaldy Halim, Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, mengemukakan peningkatan kapasitas itu diberikan melalui temu mitra antara koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (KUMKM) demean perusahaan pendukung.

“Kegiatan ini kami laksanakan untuk mengembangkan pemasaran produk-produk dari usaha kecil sektor makanan dan minuman. Pada saat ini tengah dikembangkan di wilayah Banjarmasin, Kalimantan Selatan,” ujarnya, seperti dikutip dari Bisnis.com, di Jakarta Rabu (13/3/2013).

KUMKM, katanya, harus bisa memahami bagaimana cara pengemasan produk yang baik dan benar serta didukung desain kreatif agar mampu bersaing di pasar, serta mampu melaksanakan kerja sama kemitraan dengan peritel modern.

Program ini diselenggarakan di seluruh provinsi, untuk mengembangkan kemitraan usaha. Terutama kemitraan di sektor perdagangan dan ritel melalui kegiatan perbaikan kemasan produk. Kemasan produk yang menarik dan standar merupakan syarat mutlak untuk bisa dipasarkan pada gerai peritel modern.

Selama ini kemasan yang sesuai standar menjadi kendala bagi KUMKM, khususnya di sektor makanan dan minuman olahan. Padahal, dari segi rasa, produk makanan dan minuman olahan KUMKM tidak kalah dengan produk sejenis hasil pabrikan.

Oleh karena itu pada setiap temu mitra dihadirkan ahli kemasan untuk memberi bimbingan teknis dan praktek pemilihan kemasan bagi setiap produk. Di samping itu, hadir perwakilan PT. Lotte Shopping Indonesia yang menampung produk-produk khas.

Asisten Deputi Urusan Kemitraan dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Abdul Kadir Damanik, mengatakan salah satu produk yang kemasannya diperkuat adalah oleh-oleh khas Banjarmasin, yakni Wadai Banjar.

Diakui, sebelumnya belum banyak kerja sama konkrit yang bisa dikembangkan. Namun, melalui kemitraan ini diharapkan ada pertemuan lanjutan untuk mendapatkan gagasan lebih konkrit. Oleh karena itu KUMKM diharapkan bisa memanfaatkan temu mitra ini secara optimal.

“Dari 55.206.44 pelaku usaha di seluruh Indonesia, sekitar 98,8% adalah pelaku usaha mikro dan kecil. Dari jumlah itu pelaku usaha makanan dan minuman mencapai 79%, oleh karena itu mereka harus didorong bermitra dengan usaha besar,” papar Abdul Kadir Damanik.

LLP-KUKM dan 7-Eleven

Sebelumnya, pada Kamis (7/3/2013) lalu, Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) yang bekerja sama dengan salah satu toko ritel modern, 7-Eleven telah memberikan pelatihan kepada UKM di sekitar Jakarta. Pelatihan dan pendampingan yang diikuti oleh 120 UKM tersebut bertujuan untuk menigkatkan kualitas juga daya jual produk melalui peningkatan dan pengembangan kualitas kemasan produk.

“Melalui kegiatan ini, peserta akan mendapatkan kesempatan memperluas jaringan pemasaran produknya melalui gerai 7-Eleven, sehingga diharapkan antara usaha besar dan UKM dapat bersinergi terutama dalam memajukan UKM Indonesia,” kata Presiden Direktur LLP-KUKM, Ir Yuana Sutyowati, MM.

Saat ini, 7-Eleven sendiri telah memasarkan sekitar 40 jenis produk UKM dari beberapa UKM di Indonesia. Kerja sama tersebut akan berlangsung jangka panjang dan 7-Eleven juga telah berkomitmen untuk memasarkan lebih banyak lagi produk UKM di seluruh gerai 7-Eleven di seluruh Indonesia. [Pio]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>