Wednesday , 1 October 2014
Home >> TREN UKM >> Produk Indonesia Laku di Jepang, tapi Kalah dari Thailand
Produk Indonesia Laku di Jepang, tapi Kalah dari Thailand
Plh. Direktur Pengembangan Produk Ekspor dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, Gatot Prasetyo Adjie. (Foto: Pio)

Produk Indonesia Laku di Jepang, tapi Kalah dari Thailand

Dibanding produk Indonesia, masyarakat Jepang lebih kenal produk asal Thailand, pasalnya, Thailand lebih gencar mengikuti berbagai pameran dan promosi di berbagai wilayah di Jepang.

JAKARTA, IndoTrading.com – Jepang merupakan salah satu negara utama yang menjadi tujuan ekspor produk-produk Indonesia. Produk-produk tersebut, antara lain suku cadang mobil, furnitur kayu, dan rumput laut. Ketiga produk ini banyak diserap di pasar-pasar Jepang.

“Pasar Jepang merupakan salah satu pasar utama produk Indonesia khususnya furnitur kayu, suku cadang mobil, dan rumput laut. Oleh karena itu, akses pasar ke Jepang akan terus diperluas dan ditingkatkan secara berkelanjutan,” ujar Plh. Direktur Pengembangan Produk Ekspor dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perdagangan, Gatot Prasetyo Adjie, saat menerima kunjungan Delegasi Japan Foreign Traders Association (JAFTA), di Kantor Kemendag, hari ini (12/9/2012).

Atas hal tersebut, lanjutnya, Kemendag melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) terus berupaya untuk membangun komunikasi yang erat dan intens, dan bekerja sama dengan Jepang.

“Begitu besarnya permintaan produk Indonesia di Jepang, maka Ditjen PEN akan terus menjalin kerja sama yang lebih erat dengan Pemerintah Jepang, baik secara langsung atau melalui lembaga kerja sama Jepang,” katanya.

Melihat potensi pasar Jepang tersebut, para pelaku usaha Jepang mengadakan pertemuan bisnis (B to B) dengan pelaku usaha Indonesia, khsusnya di sektor otomotif, furniture kayu, dan rumput laut.

“Melalui pertemuan B to B ini, diharapkan agar dapat terjalin kerja sama secara terus-menerus dan saling menguntungkan di bidang ekspor, serta memotivasi pelaku usaha Indonesia untuk selalu berinovasi dan menghasilkan produk yang berkualitas untuk pasar Jepang,” terang Gatot.

Lebih dari itu, menurut dia, pertemuan yang difasilitasi oleh Japan External Trade Organization (Jetro)ini juga diharapkan dapat lebih memperluas akses pasar produk-produk Indonesia ke Jepang, mempererat kerja sama di bidang ekspor, dan mempermudah akses promosi produk-produk Indonesia ke pasar Jepang.

Ketua Delegasi Japan Foreign Traders Association (JAFTA), Noritada Ito (kedua dari kanan) dalam jumpa pers di Kantor Kemendag, (12/9/2012). (Foto: Pio)

Sementara, Presiden sekaligus Ketua Delegasi JAFTA, Noritada Ito, menyatakan, Indonesia harus lebih giat melakukan promosi produk-produknya ke berbagai wilayah di Jepang.

“Indonesia memiliki banyak produk yang sangat disukai warga Jepang. Namun, Indonesia masih kalah dari Thailand yang lebih giat memromosikan berbagai produknya ke Jepang,” kata Ito.

“Masyarakat Jepang lebih kenal produk-produk Thailand dibanding produk Indonesia, karena mereka gencar mengikuti berbagai pameran dan promosi di berbagai wilayah, seperti di Pulau Kyushu, Honshu, dan kota-kota kecil lainnya,” tambah dia. (Pio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>