manfaat website bagi perusahaan

Perusahaan Wajib Punya Website Sendiri, Kenapa?

Wordpress

Dewasa ini, penetrasi internet dirasa kian pesat didukung dengan perkembangan teknologi yang semakin maju dari waktu ke waktu. Kehadiran internet tentu saja memudahkan segala bentuk kegiatan, termasuk bagi kelangsungan bisnis dan perusahaan. Sebagai salah satu produk dari internet, setiap perusahaan perlu membuat website perusahaan tersendiri agar terus berkembang di era yang serba digital ini. Lantas, apa saja manfaat website bagi perusahaan? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Apa Itu Website?

Bagi Anda yang belum tahu apa itu website, penjelasan berikut ini mungkin akan sedikit membantu. Website merupakan kumpulan halaman pada suatu domain di internet yang dibuat dengan tujuan tertentu dan saling berhubungan serta dapat diakses secara luas melalui halaman depan (home page) menggunakan sebuah browser atau URL website.

Contohnya untuk website Indotrading. Alamat website Indotrading adalah https://www.indotrading.com/ , jika di akses akan muncul tampilan home page seperti di bawah ini. Sedangkan untuk halaman web adalah informasi yang Anda klik yang mengarah ke halaman baru.

website perusahaan

Unsur-unsur Website

Setelah memahami betul-betul apa itu website, saatnya kita beralih kepada informasi menarik lainnya seputar website yakni unsur-unsur yang ada di dalam sebuah website. Terdapat tiga unsur yang sangat vital pada sebuah website. Tanpa adanya unsur-unsur ini, website tidak akan ditemukan dan diakses oleh pengguna internet. Lantas, apa sajakah ketiga unsur yang dimaksud?

1. Domain

Jika website diibaratkan sebagai sebuah produk, maka bisa dibilang domain adalah mereknya. Karena dianggap sebagai sebuah identitas, maka pilihlah nama domain yang mudah diingat dan dapat membuat orang tertarik memasuki website yang Anda bangun.

2. Hosting

Hosting merupakan sebuah tempat dimana file dan data yang diperlukan website disimpan serta dapat diakses dan dikelola melalui internet. File website yang disimpan pada hosting berupa video, gambar, e-mail, script, aplikasi dan database.

3. Konten

Ini dia yang tak kalah penting! Ya, konten website memegang peranan yang sangat penting karena tanpa adanya konten pada website, maka website tidak akan pernah dikunjungi oleh visitor. Konten pada website dapat berupa teks, gambar, maupu video. Jika dilihat dari konten yang disuguhkan, terdapat beberapa macam website yang tersebar di internet. Ada jenis website sosial media, berita, jual-beli, dan lain sebagainya.

Manfaat Website Bagi Perusahaan

Setelah menilik penjelasan singkat mengenai website, saatnya meninjau lebih jauh mengapa website sangat penting untuk digunakan, terutama untuk perusahaan. Berikut adalah 10 manfaat website bagi perusahaan:

1. Bisa Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

website perusahaan

Perusahaan Anda akan dianggap lebih kredibel dan lebih profesional jika memiliki website sendiri. Tentu saja, sebab dengan memiliki website sendiri, secara otomatis perusahaan Anda akan mudah ditemukan oleh pengunjung di internet. Kehadiran website juga dinilai sebagai bukti bahwa perusahaan yang Anda bangun memang eksis dan terpercaya. Semakin banyak yang mengunjungi website Anda, maka kredibilitas perusahaan Anda juga akan meningkat. 

2. Menyediakan Informasi Profil Perusahaan Secara Detail

website perusahaan

Inilah salah satu poin penting mengapa perusahaan wajib memiliki website tersendiri! Pasalnya, pengunjung dapat dengan mudah mengakses profil perusahaan Anda. Terlebih jika Anda berniat menjalin kerja sama dengan perusahaan lain. Secara otomatis, calon mitra perusahaan Anda akan mencari tahu lebih dalam tentang perusahaan yang Anda dirikan. Nah, salah satu media yang biasanya mereka akses adalah website perusahaan. Jadi, bisa dibilang, website merupakan salah satu media terbaik yang dapat mengenalkan informasi tentang profil perusahaan Anda kepada khalayak umum.

3. Media Komunikasi Produk dan Jasa yang Efektif

website perusahaan

Di era yangs serba online ini, sudah saatnya proses pemasaran juga dilakukan secara digital. Jika biasanya Anda memasarkan produk melalui iklan di berbagai media seperti koran/majalah, papan reklame, brosur, maupun media massa. Konten yang ada di dalam iklan tersebut biasanya sangat terbatas dan cenderung tidak editable. Lain halnya jika perusahaan Anda memiliki website tersendiri. Anda dapat memuat berbagai informasi mengenai produk-produk atau jasa-jasa yang Anda tawarkan. Tidak ada batasan jumlah informasi yang harus Anda cantumkan sehingga Anda bisa cantumkan informasi mengenai produk-produk atau jasa jasa yang Anda tawarkan se-detail mungkin agar mudah dipahami oleh pengunjung.

4. Lebih Hemat

website perusahaan

Kebanyakan pengusaha merasa ragu untuk membuat sebuah website profesional untuk perusahaannya karena dilatarbelakangi oleh anggapan bahwa biaya pembuatan website itu mahal. Tentu saja anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Sebab, jika dibandingkan dengan promosi melalui media konvensional seperti memasang iklan di televisi, radio, dan lain sebagainya, biaya pembuatan website jauh lebih ekonomis. Biaya yang Anda keluarkan untuk membuat website tentu saja tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan keuntungan yang bisa Anda dapatkan yakni pengunjung yang potensial untuk brand Anda. Maka, jika dilihat dari segi biaya, website dianggap lebih murah dibandingkan dengan platform iklan konvensional lainnya.

5. Menciptakan Target Pasar yang Lebih Luas

website perusahaan

Website akan menjadi tempat alternatif untuk menjual brand Anda karena sangat sempurna untuk menjual produk ke pasar yang lebih luas. Bahkan, website bisa memasarkan brand Anda hingga ke luar negeri. Saat ini Anda sudah tak perlu khawatir produk atau jasa yang Anda tawarkan kalah saing dengan perusahaan yang lebih besar, karena setiap perusahaan bisa secara bebas memasarkan produnya di internet, bahkan untuk perusahaan kecil seperti UMKM. Selain itu, hampir semua barang saat ini dijual dengan skema online melalui website, mulai dari barang yang berwujud kecil, hingga barang berupa rumah, tanah, mobil, dan unit apartemen, semuanya bisa dijajakan melalui sistem daring.

6. Mudah Diakses

website perusahaan

Website selalu dapat diakses dengan mudah oleh calon pelanggan sepanjang waktu (selama 24 jam). Artinya website tidak akan membatasi para pencari informasi untuk mengetahui produk yang ditawarkan. Lain halnya jika Anda tidak memiliki website, maka untuk mendapatkan informasi brand Anda, pelanggan harus berkunjung ke perusahaan, kantor, atau toko. Dalam segi waktu, tentu tidak bisa diakses setiap saat, karena toko fisik memiliki jam buka dan jam-jam layanan tertentu. Dengan demikian, website sangat berguna karena menyimpan segala informasi yang dibutuhkan oleh calon pelanggan dan bisa diakses setiap saat ketika pelanggan merasa membutuhkan informasi dari brand Anda.

7. Tempat Memajang Produk

wesite perusahaan

Website sangat berguna sebagai tempat yang efektif dan baik untuk menampilkan produk. Pada halaman website, bisa Anda tautkan produk atau jasa yang Anda tawarkan seraya memasukkan testimoni atau galeri foto dari brand Anda untuk meningkatkan kepercayaan dari calon pelanggan. Anda bisa menunjukan segala hal yang membuat bisnis Anda menjadi berbeda dari para kompetitor. Usahakan membuat tampilan yang menarik sehingga pengunjung tidak akan pernah bosan berkunjung di situs web Anda.

8. Menghemat Waktu

website perusahaan

Jika Anda menggunakan promosi secara konvensional, memberikan informasi kepada calon pelanggan, misalnya dengan mengadakan seminar, penyuluhan, atau bahkan promo-promo secara langsung akan memakan waktu yang relatif lama. Tetapi, dengan menggunakan website, Anda dapat memberikan segala informasi mengenai brand Anda dengan waktu yang lebih singkat. Semua informasi akan tersedia untuk pelanggan di website dan pasti akan menghemat waktu Anda.

9. Pelanggan dapat ikut melakukan promosi

website perusahaan

Apakah Anda kerap melihat di beberapa website terdapat halaman testimoni dimana orang-orang yang telah memakai produk atau jasa sebuah perusahaan menyampaikan review merekaKetika semua informasi mengenai brand dan bisnis sudah ada di internet, maka bagi teman atau pelanggan yang puas dengan produk Anda bisa memberikannya kepada calon pengguna lain. Dengan demikian, pelanggan yang merasa puas dengan produk Anda akan menjadi strategi promosi terbaik, karena bisa menghasilkan pelanggan baru untuk brand Anda. 

10. Membantu Pelanggan Mendapatkan Informasi Baru

website perusahaan

Website jauh lebih efektif dibandingkan brosur atau katalog. Website juga lebih mudah dan cepat untuk memberikan informasi dibandingkan dengan media promosi cetak biasa. Dengan demikian, untuk saat ini website merupakan media yang paling mutakhir yang bisa digunakan sebagai cara yang efektif untuk menginformasikan mengenai produk terbaru, berita, katalog, penawaran spesial bagi pelanggan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Ini Manfaat Search Engine Marketing (SEM) yang Harus Anda Ketahui!

Begitu banyak manfaat website bagi perusahaan atau bisnis yang sedang Anda rintis. Website menjadi alat promosi yang paling baik dan tercanggih untuk saat ini. Nah, jika Anda ingin membuat website namun tidak tahu apa yang harus dilakukan, serahkan saja pada tim Kami! Kami menyediakan jasa pembuatan website toko online profesional untuk membantu mengembangkan bisnis Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.