cara mengecek kecepatan website

Cek Kecepatan Website Anda Menggunakan Google PageSpeed Insights

Digital Marketing

Kecepatan website dalam melakukan loading berpengaruh besar terhadap eksistensi website dan bisnis Anda. Bagaimana tidak, faktanya sebanyak 53% pengguna internet akan meninggalkan website yang membutuhkan waktu lebih dari 3 detik untuk loading. Artinya, semakin lama website Anda, pengguna internet akan semakin malas berkunjung ke situs web Anda. Oleh karena itu, penting sekali bagi pemilik website untuk mengetahui kecepatan dan performa website Anda. Dalam artikel ini akan diulas mengenai cara mengecek kecepatan website menggunakan tools Google PageSpeed Insights.

Baca juga: 10 Alasan Mengapa Kecepatan Website Penting untuk Bisnis yang Anda Jalankan

Mengapa Harus Google PageSpeed Insights?

Sebetulnya, banyak sekali tools yang dapat Anda gunakan untuk mengecek kecepatan website, di antaranya GTMetrix, Pingdom, Geek Flare, WebPagetest, dan masih banyak lagi. Tetapi, mengapa harus Google PageSpeed Insights?

Google PageSpeed Insights (PSI) merupakan tool gratis besutan Google sebagai platform yang dapat mengecek kecepatan website secara lengkap dan akurat karena menggunakan teknologi Lighthouse. Karena dirilis oleh Google, indikator penilaian yang digunakan juga tentunya sudah sesuai dengan standar Google.

Cara Mengecek Kecepatan Website Menggunakan Google PageSpeed Insights

Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara mengecek kecepatan website yang bisa Anda ikuti langkah demi langkahnya:

  • Buka website Google PageSpeed Insights
  • Masukkan URL Website Anda pada kolom yang tersedia
  • Klik Analyze
  • Tunggu hingga pengujian selesai
  • Anda akan mendapatkan hasilnya

Cara Membaca Analisis Google PageSpeed Insights

Google akan menjabarkan analisisnya ke dalam enam bagian, di antaranya adalah field data, origin summary, lab data, opportunities, diagnostics, dan passed audits. Nah, bagi Anda yang belum memahami masing-masing elemen ini, Anda bisa menyimak cara membaca analisis Google PageSpeed Insights berikut ini:

Field Data dan Origin Summary

Field data dan origin summary merupakan nilai kecepatan yang didasarkan pada contentful paint dan first input delay. Dimana, first contentful paint itu sendiri adalah waktu pada saat gambar atau teks pertama muncul, sedangkan first input delay adalah jarak waktu antara interaksi pertama pengunjung berupa klik tautan dan respon pertama browser menanggapi interaksi tersebut. Website Anda termasuk cepat jika kedua nilai FCP dan FID sama-sama tinggi. Sebaliknya, jika salah satu elemen ini mendapatkan nilai yang rendah, maka website Anda termasuk lambat.

Lab Data

Dalam lab data ini terdiri dari berbagai informasi yang berhubungan dengan data analisis website, berikut merupakan penjelasan tiap-tiap bagiannya:

  • First contentful paint merupakan waktu pada saat gambar atau teks pertama muncul
  • Speed index menunjukan seberapa cepat keseluruhan halaman terbuka dengan jelas. Semakin rendah nilainya, berarti semakin bagus performanya.
  • Time to interactive adalah waktu pertama saat halaman dianggap interaktif secara penuh.
  • First meaningful paint adalah waktu pada saat konten utama dari halaman muncul.
  • First CPU idle menandakan waktu pertama sebuah halaman pengunjung bisa melakukan input
  • Estimated input latency menunjukkan waktu yang dibutuhkan sebuah website merespon input dari pengguna

Opportunities

Selain menunjukkan analisis mengenai kecepatan website yang didasarkan pada elemen-elemen di atas, Google PageSpeed juga memberikan Anda informasi mengenai langkah optimasi yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki kecepatan website.

Diagnostics

Pada bagian Diagnostics, Google akan merinci kinerja website Anda selengkapnya yang belum disebutkan dalam analisis-analisis sebelumnya. Kinerja yang ada di dalam bagian diagnostics memang bukan faktor utama yang mempengaruhi performa website, namun jika diperbaiki tentu akan ikut mempercepat kinerja website.

Passed Audits

Nah, jika Anda sudah melakukan langkah-langkah optimasi, hasilnya akan muncul di bagian passed audits. Bagian ini berisi mengenai langkah-langkah optimasi website yang telah berhasil dilakukan.

Cara Memperoleh Performa Sempurna dalam Google PageSpeed

Berikut merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh skor sempurna di Google PageSpeed Insights.

1. Mengatur resolusi gambar

Salah satu yang menyebabkan halaman utama situs web lambat adalah resolusi gambar yang terlalu besar. Nah, untuk memperbaiki hal tersebut, Anda bisa memperkecil resolusi gambar hingga 50% menggunakan tools kompresi yang simpel.

Jika Anda menggunakan WordPress, Anda bisa menambahkan plugin seperti WP Smush Image Compression and Optimization untuk menghemat waktu kompresi. Sedangkan, jika website Anda merupakan toko online berbasis Shopify, Anda bisa menggunakan Crush.pics untuk mengompresi gambar dan meningkatkan kecepatan halaman website.

Selain kedua tools tadi, Anda juga bisa menggunakan tools kompresi online gratis di internet seperti Compress JPEG, Optimizilla, dan sebagainya.

2. Menggunakan browser catching

Tidak banyak yang tahu bahwa browser catching merupakan langkah yang cukup efektif dalam meningkatkan kecepatan halaman situs web. Dengan menggunakan browser cache, membantu mengingat semua data yang digunakan untuk memuat situs web seperti roses loading gambar, elemen halaman, HTML, dan coding. Ada berbagai tools yang bisa digunakan, Anda bisa menggunakan W3 Total Cache untuk situs WordPress.

3. Minimalisasi HTML

Meminimalisasi ruang yang menggunakan kode HTML akan berdampak besar terhadap peningkatan kecepatan website. Langkah yang bisa Anda lakukan adalah menghapus atau memperbaiki data yang tidak diperlukan atau data ganda atau disebut dengan proses minifikasi. Untuk membantu Anda dalam mengerjakan proses minifikasi, ada plugin bernama HTML Minify yang bisa Anda gunakan untuk disetel pada WordPress.

4. Website Mobile Friendly

Melalui format AMP atau Accelerated Mobile Pages, Google bekerja dengan membuat open-source yang menghapus konten-konten yang tidak diperlukan. Nah, website dengan format AMP biasanya terdapat di halaman utama hasil pencarian Google lho! Sebab, website-website tersebut tidak memiliki banyak format yang membuat laman terbuka lebih cepat. Jadi, bagi Anda yang ingin meningkatkan performa kecepatan website, plugin AMP adalah tools yang wajib digunakan, ya!

Itulah penjelasan secara rinci mengenai cara mengecek kecepatan website dan langkah-langkah optimasi yang bisa Anda lakukan untuk membuat performa situs web Anda semakin hebat. Ingat ya kecepatan website sangat berpengaruh terhadap bisnis yang Anda jalankan, jadi jangan sampai calon pengguna web Anda memilih web kompetitor karena laman yang Anda tawarkan terlalu lama untuk dimuat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.