SEO

Ini Dia Fungsi dan Pengaruh SEO untuk Kelangsungan Bisnis Anda!

Digital Marketing SEO

Internet marketing saat ini lebih digandrungi, sebab menawarkan kemudahan dan tidak membutuhkan modal yang besar. Hanya dengan memiliki sebuah website, bisnis online shop atau toko daring sudah bisa dimulai secara mandiri. Terdengar mudah, bukan? Eits, jangan senang dulu! Pelaku bisnis online tidak akan cukup sukses jika hanya memajang produknya di website saja. Namun, mereka juga harus mampu menguasai teknik internet marketing yang baik agar hasil yang didapatkan dari berjualan di internet bisa maksimal. Nah, dari berbagai digital marketing tools yang ada, Search Engine Optimization (SEO) adalah salah satu teknik yang wajib dikuasai oleh para pebisnis online untuk memajukan bisnisnya. Lantas, apa saja fungsi SEO dan pengaruhnya bagi kelangsungan bisnis Anda?

Sebagai pebisnis online, Anda tentu pernah mendengar istilah SEO. Ya, Search Engine Optimization (SEO) merupakan teknik mengoptimasi website terhadap mesin pencari. SEO memiliki fungsi utama untuk mengoptimasi mesin pencari agar bisnis online mudah ditemukan dalam jangkauan yang cukup luas. SEO biasanya dioperasikan dengan memaksimalkan keyword (kata kunci) yang berhubungan dengan produk yang ditawarkan secara online. Dengan demikian, hadirnya SEO sangat membantu para pebisnis online agar website bisnisnya dapat tampil di halaman paling depan Google.

Fungsi SEO bagi Bisnis Anda

Halaman website yang memiliki ranking tertinggi di Google memperbesar peluang Anda mendapatkan pengunjung lebih banyak secara terus-menerus tanpa dipungut biaya apapun. Berikut ini fungsi Search Engine Optimization (SEO) bagi Bisnis Anda yang perlu diketahui, di antaranya:

1. Menampilkan Website di Halaman Depan Search Engine

seo

Ketika sebuah keyword (kata kunci) diketikkan, maka akan tampak list atau daftar website yang berhubungan dengan keyword tersebut. Halaman situs yang teroptimasi dengan baik tentu akan berada pada urutan paling atas atau setidaknya pada halaman pertama Google secara organik, bukan karena memasang iklan.

Dalam hal ini, sebuah website membutuhkan SEO agar dapat tampil di halaman depan atau rangking teratas search engine seperti Google tanpa harus mengeluarkan biaya beriklan. SEO tidak memerlukan banyak biaya, bahkan bisa gratis asal benar-benar dilakukan dengan baik. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa SEO merupakan strategi internet marketing yang paling murah untuk bisnis online.

2. Berpotensi Mendapatkan Click Through Rate (CTR) Hingga 70%

Website yang berada di halaman depan google dan berada pada peringkat 1 sampai 5 berpotensi mendapatkan Click Through Rate (CTR) hingga 70%. Misalnya, untuk sebuah keyword A yang dicari sebanyak 10.000 per bulan, maka Anda memutuskan untuk menjadikan kata kunci tersebut untuk dioptimasi melalui SEO. Selanjutnya, jika website Anda muncul minimal di peringkat 3 mesin pencari Google, maka sebanyak 13,14% dari 10.000 atau 1314 kunjungan berpotensi mengunjungi website Anda.

3. Mendapatkan Pengunjung yang Tertarget

SEM

Pengguna internet yang mengetikkan satu keyword di mesin pencarian berarti sudah pasti membutuhkan sebuah informasi. Jadi, besar kemungkinan pengunjung yang mengklik website bisnis Anda adalah target yang potensial yang siap untuk membeli brand yang Anda tawarkan pada website bisnis Anda.

Baca juga: 10 Online Marketing Tools yang Dibutuhkan Saat Membangun Bisnis

4. Berpotensi Meningkatkan Penjualan dan Repeat Order

SEO

Semakin banyak pengunjung yang tertarget mengunjungi website bisnis Anda, maka akan semakin banyak peluang Anda untuk meningkatkan penjualan brand. Namun, Anda tetap harus memperhatikan produk Anda. Pastikan bahwa produk yang Anda tawarkan benar-benar berkualitas dan siap bersaing di pasar. Jika kualitas produk yang Anda jual tetap terjaga atau bahkan semakin baik, maka kemungkinan pengunjung akan kembali bertransaksi (repeat order) akan semakin besar. 

5. Berkompetisi dan Mengembangkan Bisnis Berskala Besar

SEO

Saat ini, semua bisa dilakukan secara instan dengan dukungan teknologi yang serba digital. Dengan menciptakan sebuah produk yang berkualitas dan mampu bersaing di pasar global, maka kemudahan yang bisa dilakukan dengan instan tersebut bisa mendorong bisnis Anda untuk berkompetisi dengan kompetitor sekelas bisnis berskala besar. Bahkan, bisa jadi Anda menjual produk jauh hingga ke mancanegara karena kemudahan dari sistem online yang ada pada saat ini. Dengan begitu, secara jangka panjang SEO berfungsi untuk membantu bisnis berskala kecil untuk berkompetisi dengan bisnis skala besar.

6. Meningkatkan Brand Awareness

seo

Jika Anda mampu memaksimalkan SEO, maka website Anda akan sering muncul di internet khususnya pada mesin pencarian Google. Brand atau produk Anda akan semakin dikenal luas oleh masyarakat dan akan berdampak kepada awareness produk Anda. SEO akan terus menerus bekerja selama 24 jam, maka dari itu, brand awareness akan terus meningkat tanpa batas waktu selama Anda bisa memaksimalkan strategi ini.

7. Menyediakan Data untuk Pengembangan Bisnis

seo

Ketika Anda menggunakan teknik SEO dalam bisnis, maka Anda akan dimudahkan dengan tools milik Google bernama Google Analytics. Tools tersebut berguna untuk memperlihatkan berbagai data seperti jumlah pengunjung situs, demografi pengunjung, halaman situs yang sering dibuka dan diabaikan, lama waktu membuka halaman pada situs, dan lain sebagainya.

Data-data tersebut sangat berguna karena bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda khususnya untuk mendapatkan strategi marketing yang lebih baik.

Pengaruh SEO untuk Bisnis

Dalam bisnis online, popularitas sebuah toko online dan produk merupakan bagian penting untuk menciptakan branding awareness. Jika sebuah toko online dan produk semakin dikenal, maka akan semakin membantu pemasaran produk dan mendorong transaksi yang lebih banyak. Dengan demikian, calon pelanggan hanya akan melakukan pembelian jika sudah mengenal produk dan percaya terhadap toko online penyedia produk tersebut.

Kini, Anda sudah tahu pengaruh SEO yang cukup besar untuk meningkatkan popularitas sebuah website. Saatnya mulai membenahi website bisnis Anda agar bisnis makin melesat ke level selanjutnya. Jika Anda merasa kesulitan untuk mengelola website menggunakan tools SEO, saatnya percayakan pada Indotrading! Selain menjadi direktori bisnis terbesar di Indonesia, Indotrading juga menyediakan jasa SEO profesional terpercaya. Kami  memiliki expert SEO yang berpengalaman dan sudah dipercaya oleh jutaan klien di Indonesia. Tunggu apalagi? Segera daftarkan website Anda untuk dioptimasi oleh tim kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.