manfaat SEM

Ini Manfaat Search Engine Marketing (SEM) yang Harus Anda Ketahui!

Paid Marketing

Search Engine Marketing (SEM) kerap digadang-gadang sebagai strategi pemasaran yang paling efektif untuk menghasilkan website traffic yang melimpah. Ya, jika Anda menjalankan strategi SEM dengan tepat, maka Anda bisa memperoleh posisi yang kuat di semua mesin pencari yang ada di dunia, termasuk Google. Website traffic yang melimpah tentu saja dapat menghasilkan lebih banyak potensi transaksi dan mendatangkan pelanggan baru. Maka, tak heran jika kehadiran SEM sangat digandrungi oleh para pebisnis online. Berikut adalah beberapa manfaat SEM yang bisa Anda raih jika, di antaranya:

Meningkatkan Konversi

SEM

Konversi biasanya dilakukan dengan tujuan untuk menjaring khalayak agar dapat menghasilkan transaksi atau hal lainnya yang menguntungkan bisnis Anda. Meskipun tujuan utama konversi adalah untuk mendapatkan uang, namun jenis konversi lain seperti pelanggan baru, subscriber baru, atau peserta dari kontes/kompetisi yang Anda adakan dalam kampanye juga ternyata tidak kalah berhaganya lho bagi kelangsungan bisnis Anda.

Nah, kehadiran Search Engine Marketing (SEM) sebagai penggerak konversi dalam kampanye marketing ini lah tonggaknya. Iklan berbayar yang Anda buat  akan ditautkan ke landing page (website) dengan tujuan akhir konversi berupa transaksi. Jika iklan Anda berada di halaman pertama mesin pencari, maka peluang Anda untuk meningkatkan konversi juga lebih besar. 

Meningkatkan Brand Awareness

sem

Inilah yang jarang diketahui oleh kebanyakan pengusaha, SEM merupakan platform yang sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness (kesadaran merk) sebuah bisnis. Menurut penelitian yang dilansir oleh Google, iklan di mesin pencarian ternyata dapat meningkatkan kesadaran merek hingga 80%. Brand Anda yang muncul di halaman pertama mesin pencarian akan terlihat dan disadari oleh para pengguna internet. 

Ketika Anda mengetikkan keyword  di mesin pencari, iklan brand Anda akan tampil di halaman pertama dengan bantuan strategi SEM yang tepat. Dengan demikian, pengunjung juga pasti akan tertarik dan meninjau brand Anda lebih dalam, lho!

Baca juga: Ini dia Fungsi dan Pengaruh SEO Bagi Kelangsungan Bisnis Anda!

Bisa Dilakukan dengan Budget Terbatas

SEM

Anda mungkin ragu untuk membuat iklan ads karena terbentur masalah biaya, apalagi jika perusahaan Anda masih terbilang baru/kecil. Tetapi, dilihat dari segi biaya, manfaat SEM yang bisa Anda dapatkan adalah iklan dengan SEM lebih fleksibel dengan harga layanan yang relatif murah jika dibandingkan denganĀ  iklan-iklan jenis tradisional yang berbayar seperti baliho dan iklan yang ditayangkan di TV atau di bioskop. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan pun juga lebih banyak. Jadi, baik perusahaan yang berskala kecil maupun yang berskala besar, berpotensi memperoleh keuntungan yang sama jika menggunakan metode iklan SEM.

Menyasar Target yang Lebih Lokal

SEM

SEM merupakan alat yang sangat penting untuk mendorong lebih banyak pengunjung lokal. Dengan menggunakan metode SEM, ketika pengguna internet mengetikkan kata kunci tertentu, biasanya hasil yang muncul berupa website-website yang dekat dari lokasi pengunjung. Dengan demikian, target yang Anda dapatkan adalah target yang potensial dan paling dekat jangkauannya. 

Menghasilkan Traffic Secara Konsisten dan Tepat Sasaran

SEM

Setiap bisnis online tentunya ingin memiliki website traffic yang terus meningkat. Namun, pada kenyataannya traffic sering tidak konsisten. Nah, untuk mengurangi kekacauan, iklan di mesin pencari bisa dimanfaatkan untuk menciptakan traffic yang lebih konsisten khusus bagi kata kunci tertentu. Sebab, banyak traffic saja tidak cukup tanpa adanya konsistensi untuk mempertahankan visibilitas dan penjualan. 

Google pernah menyatakan bahwa ads atau SEM dinilai lebih stabil dibandingkan teknik digital marketing lainnya. Berbeda dengan strategi SEO berfluktuasi karena perubahan algoritma yang terus-menerus dilakukan oleh mesin pencari Google, strategi SEM bisa terhindar fluktuasi/ketidakpastian semacam itu. Bahkan, ads juga bisa memungkinkan pemilik website untuk mengontrol jumlah traffic yang datang ke website dalam waktu tertentu, lho!

Selain konsistensi, traffic yang tepat sasaran sangat dibutuhkan agar terjadi konversi yang maksimal. Nah, beriklan di mesin pencarian ternyata memiliki kemampuan dalam mendatangkan traffic yang tepat sasaran, lho! Dengan adanya SEM, Anda bisa membuat audiens khusus yang lebih berpotensi untuk melihat dan terlibat langsung dengan iklan yang telah Anda pasang. Dengan demikian, traffic yang Anda terima dari iklan berbayar biasanya lebih potensial dibandingkan traffic yang dihasilkan dari SEO organik.

Memberikan Analisa

SEO

SEM juga merupakan alat yang digunakan untuk melakukan analisa bisnis. Saat ini, sudah ada banyak SEM tools yang bagus dan bisa Anda coba untuk membantu strategi digital marketing bisnis Anda. Setiap SEM memiliki tool yang dapat Anda gunakan untuk menganalisis berbagai tindakan para pengguna website terhadap iklan yang telah Anda publikasikan.

Itulah beberapa manfaat SEM yang bisa Anda raih untuk bisnis Anda. Segala macam bentuk strategi digital marketing sangat dibutuhkan dan berkaitan satu sama lain. Maka dari itu, pertimbangkan dengan bijaksana kemajuan bisnis Anda dengan menggunakan strategi digital marketing yang tepat, salah satunya dengan strategi Search Engine Marketing (SEM).

Jika Anda merasa kesulitan untuk mengelola website menggunakan tools SEM, saatnya percayakan pada Indotrading! Selain menjadi direktori bisnis terbesar di Indonesia, Indotrading juga menyediakan jasa SEM profesional terpercaya. Kami  memiliki expert SEM yang berpengalaman dan sudah dipercaya oleh jutaan klien di Indonesia. Tunggu apalagi? Segera daftarkan website Anda untuk dioptimasi oleh tim kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.