manfaat e-mail profesional

Mengapa E-mail Profesional Sangat Dibutuhkan untuk Bisnis Anda?

E-mail Marketing

Sebagai seorang pebisnis yang profesional, Anda tentu memerlukan sebuah saluran yang bisa membantu Anda berkomunikasi dengan konsumen, terutama yang berkaitan dengan komplain. Jika hanya mengandalkan customer service yang hanya dijalankan oleh bot saja, tentu masalah dan komplain yang dikirimkan oleh konsumen tidak akan terselesaikan dengan cepat. Inilah saatnya Anda menggunakan e-mail profesional! Lantas, apa manfaat e-mail profesional bagi bisnis Anda? Yuk, kupas tuntas informasinya secara mendalam melalui tulisan di bawah ini!

Apa Itu E-mail Profesional?

Untuk memahami lebih dalam mengenai e-mail profesional, alangkah lebih baik jika Anda ketahui terlebih dahulu perbedaan antara e-mail gratis dan e-mail profesional berikut. Terdapat dua jenis e-mail berdasarkan alamatnya, di antaranya adalah:

E-mail Gratis

E-mail gratis yaitu sebuah email yang alamat e-mailnya masih menginduk pada layanan e-mail dari Google Mail, Yahoo!, maupun Microsoft. Biasanya, alamat e-mail ini berakhiran dengan alamat @gmail.com, @yahoo.com, @live.com, dan lain sebagainya.

E-mail Profesional

Sedangkan, e-mail profesional memiliki alamat e-mail yang sesuai dengan bisnis yang kita jalankan. Sebagai contoh contoh support@indotrading.com. E-mail tersebut merupakan e-mail profesional dari Indotrading.

Ciri-ciri Utama E-mail Profesional

Biasanya, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi jenis-email profesional karena memiliki beberapa karakteristik, seperti:

Digunakan untuk keperluan bisnis

Karakteristik pertama yang dari e-mail profesional adalah digunakan untuk keperluan bisnis. Tentu saja, sesuai dengan namanya, e-mail profesional ditujukan untuk menunjang keperluan bisnis, bukan untuk keperluan pribadi. E-mail profesional biasanya digunakan untuk mengirim pesan kepada konsumen, melayani komplain dari konsumen, melakukan broadcast pesan kepada pelanggan, dan lain sebagainya.

Menggunakan alamat e-mail dengan domain sendiri

Selain digunakan untuk keperluan bisnis, e-mail professional juga dapat dikenali dari penggunaan alamat domain perusahaan. Domain digunakan untuk mengakses halaman website dari bisnis yang kita jalankan. Namun domain juga bisa untuk mengakses alamat e-mail untuk bisnis yang kita jalankan.

Manfaat E-Mail Profesional Untuk Bisnis Anda

Hingga saat ini, masih banyak bisnis yang belum membuat e-mail profesional dan memperbarui layanan komunikasinya. Bahkan, kebanyakan pebisnis cenderung memilih menggunakan e-mail gratis. Padahal, e-mail gratis bisa membuat bisnis tampak tidak profesional. Maka dari itu, bagi Anda yang masih ragu dalam membuat email profesional, berikut ini akan diberikan beberapa alasan mengenai manfaat e-mail profesional yang sangat penting untuk perkembangan bisnis Anda.

1. Bisnis Tampak Lebih Profesional

E-mail profesional dibuat khusus semata-mata hanya untuk keperluan bisnis. E-mail profesional mencantumkan nama bisnis Anda ke dalam alamat email, sehingga memberikan kesan bisnis yang Anda jalankan jauh lebih terlihat profesional. Maka, pelanggan yang menerima respon dari complain mereka juga akan lebih percaya bahwa e-mail komplain yang mereka kirim akan diterima dan akan segera diproses.

2. Harga Yang Terjangkau

Untuk memiliki e-mail profesional memang perlu mengeluarkan biaya untuk sewa layanan hosting per tahun. Tidak perlu khawatir merogoh kocek terlalu dalam, saat ini sudah banyak layanan yang menjadi penyedia layanan hosting murah dan terpercaya di Indonesia. Setiap jasa memberikan layanan hosting berkualitas dengan harga yang terjangkau untuk semua bisnis. Jadi, Anda bisa menyewa hosting untuk email profesional bisnis Anda tanpa perlu memikirkan tarif layanan yang tinggi.

3. Keamanan Lebih Terjamin

Saat ini, banyak oknum yang tidak bertanggung jawab mencoba untuk meretas e-mail. Tentu saja bisa berbahaya bagi keamanan data perusahaan maupun konsumen. Dengan menggunakan e-mail profesional, penyedia layanan e-mail profesional akan menjamin keamanan privasi akun email Anda. Dengan demikian, email yang Anda gunakan untuk bisnis tidak akan bisa diretas dan dibuka oleh pihak-pihak selain dari tim dalam perusahaan Anda.

4. Satu Domain untuk Segala Kebutuhan Bisnis

E-mail profesional berfungsi sebagai jalur komunikasi yang sangat berguna dan dibutuhkan untuk berkomunikasi secara profesional. Hanya dengan satu domain, Anda bias membuat e-mail profesional untuk setiap tim dalam bisnis Anda. Misalnya, e-mail untuk customer support, HRD, marketing, dan lain sebagainya. Dengan begitu, data antara divisi satu dengan divisi lainnya tidak akan bercampur aduk.

5. Bebas Memilih Alamat Email Bisnis

E-mail profesional yang dibuat untuk semua tim dan divisi dalam bisnis, bisa Anda pilih sesuai dengan brand Anda. E-mail profesional dalam bisnis bisa mendaftarkan email dengan nama yang bebas tanpa harus diatur. Email profesional tidak memiliki batasan khusus untuk karakter, baik jumlah huruf, angka, atau karakter lainnya. Bahkan, Anda bisa menggunakan huruf saja tanpa melibatkan angka dan karakter lainnya. Dengan demikian, Anda bisa membuat alamat email yang sesuai dengan brand dan bisnis sehingga e-mail mudah diingat.

Sedangkan, jika menggunakan e-mail gratis, biasanya nama atau alamat e-mail tidak valid. Anda perlu mencari nama lain atau menambahkan angka dalam e-mail yang akan dibuat. Akibatnya, e-mail gratisan akan sulit diingat karena cenderung tidak sesuai dengan nama brand atau bisnis.

6. Dilengkapi dengan Fitur Anti Spam dan Virus

Banyaknya pesan spam yang masuk menjadi salah satu masalah yang dialami para pengguna e-mail gratis saat ini. Spam e-mail bisa mengganggu kinerja perusahaan. Maka dari itu, Anda harus menggunakan e-mail profesional agar terbebas dari spam berkat anti-spamnya.

Selain itu, tidak sedikit pula file dan dokumen dengan virus yang bisa lolos oleh filter e-mail gratisan. Sedangkan, jika Anda menggunakan e-mail profesional, terdapat fitur anti-virus yang terus diperbaharui (update) setiap waktu. Fitur tersebut bisa bekerja dengan pintar tanpa perlu menandai setiap pesan spam dan virus secara manual. Jadi, sistem akan secara otomatis langsung mendeteksi dokumen mencurigakan yang masuk ke dalam email bisnis Anda.

7. Kapasitas Penyimpanan Pesan yang Lebih Besar

Umumnya, e-mail gratis hanya memfasilitasi ruang penyimpanan pesan sekitar 10 GB hingga 15 GB.  Sedangkan, untuk kebutuhan bisnis, Anda memerlukan kapasitas penyimpanan yang lebih daripada 15 GB. Pasalnya, semua pesan yang terkirim maupun yang telah diterima bisa dijadikan arsip, laporan, bahkan sebagai bahan evaluasi akhir tahun. Sehingga, menghapus pesan terlalu dini bukan pilihan yang terbaik.

Nah, dengan memilih e-mail profesional, Anda bisa tidak perlu khawatir pesan-pesan penting Anda hilang karena Anda bisa mendapatkan ruang penyimpanan hingga 100 GB bahkan lebih. Ruang penyimpanan tersebut pasti lebih dari cukup untuk menyimpan semua pesan bisnis Anda selama 1 tahun.

8. Bebas Iklan

Mungkin seringkali kesal setiap kali membuka e-mail gratis, akan ada pesan iklan di bagian paling atas. Iklan tersebut tidak hanya mengganggu, karena bisa menjadi spam dan menumpuk di ruang penyimpanan email. Akhirnya, Anda harus menghapus pesan spam tersebut satu per satu. Maka dari itu, dengan beralih ke e-mail profesional yang ditujukan untuk bisnis, Anda dapat terbebas dari segala macam iklan dan spam serta meningkatkan efisiensi waktu dalam bekerja.

Baca juga: Ini Manfaat Search Engine Marketing (SEM) yang Perlu Anda Ketahui!

Itulah beberapa alasan manfaat e-mail profesional yang bisa Anda dapatkan untuk perusahaan atau bisnis Anda. Penggunaan email profesional untuk bisnis saat ini sangat penting, khususnya untuk mengembangkan sebuah usaha. Maka dari itu, perusahaan Anda harus segera mempertimbangkan penggunaan e-mail profesional agar menunjang aktivitas perusahaan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.